Bupati Kabupaten Kubu Raya

Muda Mahendrawan. SH

H.Muda Mahendrawan, S.H, M.Kn lahir di Pontianak, 17 Agustus 1970.
Muda Mahendrawan merupakan anak kelima dari pasangan Prof. H. Muhammad Akil, S.H dan Puspitawati Muhammad Akil dimana ayahnya merupakan rektor Universitas Tanjungpura. Pria yang sekarang berusia 50 tahun ini, merupakan lulusan strata 1 studi Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura tahun 1994 dilanjutkan dengan Pendidikan Spesialis Magister Notariat Universitas Gadjah Mada di tahun 1995 hingga 1998. Sejak lulus dari Magister Notariat, Bupati Muda membuka kantor Notaris dan PPAT di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.


Bupati Muda sebelumnya pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Kubu Raya pada tahun 2008 menggunakkan jalur independen atau mandiri. Di Periode tersebut, Bupati Muda menggandeng Andreas Muhrotein. Dimana pada saat itu, Kabupaten Kubu Raya merupakan kabupaten baru dari hasil pemekaran Kabupaten Pontianak. Di awal kepemimpinannya, Bupati Muda melakukan gebrakan untuk kepentingan masyarakat secara jangka Panjang. Salah satunya adalah dengan menolak jatah kendaraan mobil camry untuk kendaraan operasional Bupati. Pengalihan dana dari pembelian kendaraan tersebut, akan diberikan untuk para guru, kepala desa, bidan hingga penyuluh desan untuk menunjang kerja pelayanan.

Gebrakan lainnya yang dilakukan untuk mensejahterakan petani Kabupaten Kubu Raya adalah mewajibkan PNS Kabupaten Kubu Raya untuk membeli beras dari petani lokal. Selama 5 tahun kepemimpinan, Bupati Muda tidak pernah menempati rumah dinas yang disediakan oleh pemerintah, beliau lebih memilih tinggal dirumahnya sendiri. Bupati Muda selalu mengusahakan e-KTP yang penuh manfaat di tahun kepemimpinannya, terbukti selama kurun waktu 3 bulan saja dapat memaksimalkan pembuatan e-KTP. Karena menurut Bupati Muda dengan keberadaan e-KTP dapat mempermudah program pemerintah karena dapat diketahui usia, jumlah penduduk dan jumlah kemiskinan sehingga pelayanan kesehatan dan pembagian raskin menurutnya akan lebih cepat diusahakan. Bupati Muda menikah dengan Rosalina Muda dan memiliki 3 orang anak yaitu Mahesa Maura, Mahesa Mauri, dan Muda Maestro Junior.