BI Kalbar Luncurkan QRIS Bagi 1000 UMKM di Kubu Raya

Rabu, 25 November 2020 | Kuburaya

KUBU RAYA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Barat meluncurkan program pemasangan Quick Response Code Indonesia Standard atau QRIS bagi 1000 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kubu Raya, pada Selasa 24 November 2020.

Bertempat di Ballroom Qubu Resort, Kabupaten Kubu Raya, peluncuran 1000 Qris inipun secara resmi diluncurkan oleh Deputi Kepala Perwakilan BI Kalbar Jeffri Pakpahan bersama Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

Disampaikan Deputi Kepala Perwakilan BI Kalbar Jeffri Pakpahan bahwa, pemberian Qris inipun bertujuan untuk mempermudah sekaligus memberikan sarana bagi pelaku usaha khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam memasarkan produknya dengan sistem transaksi non tunai.

"Perluasan QRIS ini sebegai upaya komitmen BI untuk mendukung komitmen untuk go digital supaya mengikuti kemajuan dan perkembangan saat ini," ungkap Jeffri Pakpahan, saat peluncuran 1000 Qris di Kubu Raya.

Kemudian Jeffri menjelaskan, pemasangan QRIS kepada 1000 UMKM di Kabupaten Kubu Raya ini merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code, baik dari perbankan maupun non perbankan.

Dengan begitu, kata Jeffri melalui QRIS, proses transaksi jauh lebih mudah, lancar dan aman.

"Pemasangan QRIS dilakukan kepada 1000 UMKM Kabupaten Kubu Raya Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan melibatkan beberapa PJSP yakni BRI, Mandiri, BNI, BCA, LinkAja dan ShopeePay,"

"Adapun stakeholders yang terlibat langsung dalam implementasi QRIS di 1000 UMKM Kubu Raya ini juga yakni Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kubu Raya, dan PJSP terpilih," terangnya.

Sumber Berita klik disini