Bupati Muda Minta Kades Perkuat Pemberdayaan Perempuan dalam Mengelola UKM

Rabu, 16 September 2020 08:48 WIB | Kuburaya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meminta kepada semua desa untuk memperkuat kemandirian pangan dalam arti luas di antaranya beras sayur mayur, sumber-sumber perikanan, pertenakan, perkebunan dan bahan olahan dari semua itu. 

Hal itupun diutarakannya saat menghadiri syukuran peresmian kantor baru Pemerintah Desa Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, pada Selasa (15/9/2020).

"Semua itu apa yang tidak ada di Kubu Raya ini. Sesungguhnya hal itulah yang menjadikan daerah itu menjadi kaya.Biasanya orang menilai daerah yang kaya itu yang banyak tambang, nikel, tembaga, emas dan banyak minyak. Tapi sebetulnya bukan itu esensi daerah yang kaya, tapi seperti Kubu Raya inilah daerah yang kaya. Karena semua itu tidak akan pernah habis," jelas Bupati Muda.

Bupati juga meminta kepada Kades Kubu untuk memperkuat gerakan ibu-ibu dalam mengelola UKM nya, gerakan pemberdayaanya dengan melakukan pelatihan bagi UKM.

Karena saat ini kita fokuskan pemberdayaan UKM.

"Karena sudah terbukti di republik ini bahwasanya UKM lah yang menjadi pondasi terbesar yang mempertahankan kekuatan negara kita ini ekonominya. 

Makanya kita sekarang perkuat UKM-UKM," paparnya.

Bupati menyampaikan, dengan direnovasinya kantor desa Kubu ini, mengajak semuanya untuk mengingat kembali bagaimana perjalanan dan perjuangan Kubu Raya yang saat ini sudah berjalan 13 tahun.

Tentunya kondisi ini menjadi titik awal pondasi tekad dan semangat. 

Karena sejarah dan titik awal itu lah yang menentukan perjalanan kita saat ini dan kedepannya. 

"Apa yang telah kita capai saat ini, semata-mata hanya untuk masa depan generasi kita.

Yang mana kantor Desa ini milik warga desa Kubu yang harus kita kelola semaksimal mungkin," katanya.

Bupati menegaskan, saat ini dirinya berusaha memperkuat desa-desa di Kubu Raya yang saat ini sudah mencapai 118 desa, karena satu diantara misinya yang ke tiga yaitu memperkuat otonomi desa.

"Artinya apa, supaya membangun itu dengan benar-benar berkeadilan, dengan memberikan peluang-peluang yang sama kepada seluruh rakyat di desa-desa,"

"Dengan cara itu, maka desa-desa bisa lebih maksimal berikan peran supaya setiap proses itu desa-desa yang di seluruh kecamatan termasuk di Kecamatan Kubu yang saat ini sudah 21 desa, tentu ini juga merupakan hal yang sangat kita perkuat supaya basis-basis di masyarakat benar-benar bisa diberdayakan", ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kubu Raya Suharso menilai, apa yang telah dilakukan Kades Kubu ini merupakan suatu inovasi yang luar biasa.

Namun tidak ada artinya jika kemewahan kantor desa ini tidak diimbangi dengan semangat etos kerja dari aparat desanya.

"Sebagai ibukota Kecamatan Kubu, sudah saatnya Pemdes Kubu menunjukan kinerja inovasi dan prestasi yang harus di raih.

Hal ini juga sebagai semangat untuk mensupport Desa Kubu sebagai contoh dan cermin bagi desa-desa lainnya di Kecamatan Kubu," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Bupati Muda Minta Kades Perkuat Pemberdayaan Perempuan dalam Mengelola UKM, https://pontianak.tribunnews.com/2020/09/15/bupati-muda-minta-kades-perkuat-pemberdayaan-perempuan-dalam-mengelola-ukm?page=3. Penulis: Muzammilul Abrori Editor: Zulkifli