Disdik Kubu Raya diminta siapkan proses untuk pembelajaran tatap muka

Selasa, 24 November 2020 | Kuburaya

Sungai Raya - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan mengatakan pihaknya telah menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan setempat untuk mempersiapkan berbagai hal guna mendukung pembelajaran tatap muka yang direncanakan dimulai kembali pada awal Januari 2021.

"Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sudah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan tatap muka pada kegiatan belajar mengajar pada Januari 2021, Saya setuju dan sangat sepakat," kata Muda di Sungai Raya, Senin.

Muda mengatakan, pihaknya juga sudah ingin memberlakukan kegiatan belajar mengajar sejak beberapa waktu lalu. Namun, karena situasi pandemi COVID-19 yang masih terjadi dan dinamika dilapangan yang terus berkembang membuat pihaknya kembali mengundurkan rencana kegiatan tatap muka di sekolah.

"Kadang-kadang fenomena seperti ini bercampur aduk dengan hal-hal yang belum tentu sama dalam cara pandang kita melihat segala sesuatu. Untuk itu, saya minta kepada dinas pendidikan untuk mulai mempersiapkan kegiatan tatap muka di sekolah itu mulai dari sekarang," ucapnya.

Terkait hal tersebut, dirinya sudah menginstruksikan kepada dinas terkait untuk menyampaikan kepada sekolah agar memenuhi beberapa persyaratan dengan menyediakan sarana sanitasi dan kebersihan, seperti toilet bersih dan layak, adanya sarana cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, dan disinfektan.

Sekolah juga diminta untuk mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan dan menerapkan wajib masker kepada siswa, memiliki thermo gun, memiliki pemetaan warga satuan pendidikan yang memiliki komorbid tidak terkontrol, tidak memiliki akses terhadap transportasi yang aman, hingga memiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan tingkat risiko COVID-19 yang tinggi atau riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri.

"Untuk mencegah penularan, kita minta sekolah untuk benar-benar menerapkan protokolkesehata baru dengan ketat di sekolah," katanya.

Seperti diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bahwa sekolah boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan memenuhi syarat tertentu pada awal Januari 2021 mendatang.

Oleh karena itu, Nadiem mengharapkan sekolah mulai mempersiapkan diri dari sekarang hingga akhir tahun untuk pergantian model pembelajaran.

"Hal ini kita terapkan berdasarkan kesepakatan antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021," katanya.

Sumber Berita klik disini