Kodam XII Tanjungpura Gandeng Pemuka Agama Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan

Selasa, 13 Oktober 2020 04:21 WIB | Kalbar

Kodam XII Tanjungpura menggelar silaturahmi bersama tokoh agama dan pimpinan organisasi keagamaan di Kalimantan Barat, Selasa 13 Oktober 2020.

Bertempat di aula Makodam XII Tanjungpura, seluruh tokoh agama dari Kalbar hadir pada kesempatan ini.

Asistens Operasi Kasdam XII Tanjungpura Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto yang membuka kegiatan memaparkan prorokol kesehatan penanggulangan Covid 19 dalam pelaksanaan ibadah di setiap rumah ibadah.

Pada paparannya, setiap rumah ibadah hendaknya melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan, kemudian menerapkan pemeriksaan kepada seluruh jamaah yang akan memasuki rumah ibadah, setelah didalam, hendaknya dapat mengatur jarak antara satu jamaah dengan jamaah yang lain.

Selanjutnya, selama proses pelaksanaan ibadah, ia menyampaikan, diharap tetap dapat mengatur jarak antar jamaah, setiap orang menggunakan masker, dan menjaga kebersihan.

Kemudian, dapat alat ibadah seperti microphon hendaknya dapat di bungkus.

Selama pelaksanaan ibadah, ia mengatakan hendaknya sirkulasi udara dapat tetap terjaga dengan baik.

Kapasitas jamaah didalam rumah ibadah maksimal hanya 50%, serta diharap pelaksanaan ibadah dirumah ibadah dapat memperhatikan kondisi zona wilayah masing - masing.

Setelah pelaksanaan Ibadah, ia mengatakan setiap jamaah hendaknya di periksa suhu tubuhnya, menyemprotkan disinfektan ke ruangan serta menjaga jarak antri jamaah yang hendak keluar rumah ibadah.

Lalu, Plh kepala kesehatan Kodam XII Tanjungpura Letkol Ckm dr. Sumanta Sembiring, S.pB menyampaikan, dalam rangka menekan angka penyebaran Covid 19, Kodam XII Tanjungpura akan membentuk kader penegak disiplin protokol kesehatan rumah ibadah.

Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan Kodam XII hingga saat ini masih menjalankan operasi pencegahan dan pemutusan mata rantai sebaran Virus Covid 19 dengan mengedepankan sinergi pentahelix.

"Diharapkan melalui kegiatan silaturahmi antara Kodam XII dan tokoh agama, kita memiliki tujuan yang sama. Bagaimanapun peran, pimpinan agama, tokoh masyarakat, agar memiliki kesamaan peran bersama dalam memutus mata rantai Covid 19,"ujar Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Dengan menggandeng pemuka agama, diharapnya sosialisasi disiplin penegakan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 dapat lebih menyasar hingga ke akar rumput masyarakat.

Sehingga dapat memberikan stimulus kesadaran disiplin penegakan protokol kesehatan covid 19 secara kolektif di masyarakat.

"Dengan kegiatan ini, kita harap ada Sinergi yang baik, sehingga menimbulkan stimulus, kesadaran kolektif, dari pemuka agama, dan umat yang dilayani, dengna demikian disitu akan terbentuk suatu ketahanan, dalam menghadapi Covid 19," tutur Muhammad Nur Rahmad.


Sumber Berita klik disini