Pelaku Usaha Mikro Terima Bantuan TA 2020 Dari Pemerintah Pusat

Rabu, 14 Oktober 2020 01:19 WIB | Kuburaya

Sungai Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUMPP) melaksanakan kegiatan penyerahan secara simbolis bantuan pemerintah bagi pelaku usaha mikro di Kabupaten Kubu Raya, bertempat di Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (14/10/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Kepala DKUMPP Norasari Arani, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sekretariat Daerah Kubu Raya, Inspektur Daerah Kubu Raya, Kepala BPKAD Kubu Raya, pimpinan BRI Pontianak, pimpinan BRI Sungai Raya, pimpinan BRI Supadio, pimpinan Bank BNI 46 serta perwakilan para pelaku usaha mikro Kabupaten Kubu Raya.

Kepala DKUMPP Norasari Arani menyampaikan bahwa dalam 2 bulan terakhir ini Pemkab Kubu Raya melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan Dan Perindustrian telah melakukan seleksi secara ketat kepada masyarakat yang mengusulkan bantuan bagi pelaku usaha mikro untuk Kabupaten Kubu Raya.

“Alhamdulillah pada tanggal 7 oktober 2020 Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UMKM RI telah melayangkan surat melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat tentang penerima bantuan pelaku usaha mikro tahun anggaran 2020, (dimana) untuk Provinsi Kalbar telah disetujui sebanyak 39.610 usaha mikro, dan dari data tersebut untuk Kabupaten Kubu Raya sebanyak 5579 usaha mikro. Jumlah ini lebih besar dari yang diusulkan,” terangnya.

Norasari menjelaskan, untuk proses pencairan dapat dilakukan melalui bank BRI dan bank BNI 46 dengan beberapa ketentuan klarifikasi dan verifikasi diantaranya:

1.pengecekan duplikasi usulan;

2.kesesuaian NIK sesuai KTP pelaku usaha mikro;

3.memastikan bahwa pelaku usaha mikro tidak dalam proses pembiayaan KUR.

Secara otomatis apabila syarat-syarat ini ada yang tidak dipenuhi maka dana tidak bisa dicairkan dan selanjutnya dikembalikan ke pusat.

“Kemudian, apabila pelaku usaha mikro meninggal dunia maka tidak dapat diserahkan ke ahli waris dan dana harus segera dikembalikan ke pemerintah pusat,” katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Muda Mahendrawan dalam sambutannya juga menyampaikan, “kita juga akan langsung mendata sekalian menginventaris data juga. Dengan langkah ini tentunya diharapkan UMKM agar fokus untuk memperkuat sektor ekonomi dan mengurangi angka pengangguran di kubu raya, pungkasnya. (Tim Liputan Diskominfo Kubu Raya)