Arti Lambang kubu Raya



Arti Lambang Kabupaten Kubu Raya:

Logo yang berbentuk perisai dengan garis lengkung, garis lurus menyatu, dan terdapat warna hitam serta biru. Pada sisi kanan benteng terdapat butiran padi yang berjumlah 17 dan pada sisi kirinya terdapat 7 lembar daun kelapa yang berpangkal pada angka "2007" Di tengah logo terdapat benteng (kubu pertahanan) yang terdiri dari 9 bagian yaitu 1 di tengah, 4 di sisi kanan, dan 4 di sisi kiri Pada sisi bawah benteng terbentang perahu yang sarat muatan dengan riak ombak di depannya dan layar mengembang serta tiang perahu yang kokoh Pada sisi paling bawah terdapat pita bertuliskan "Kubu Raya" Pada sisi atas benteng terdapat bintang segi lima dan enam sinar yang memancar.

Pengertian:

Lambang Kabupaten Kubu Raya menggambarkan pengertian-pengertian sebagai berikut:
1. Kabupaten Kubu Raya sebagai kabupaten yang kaya akan potensi alam
2. Kabupaten Kubu Raya sebagai media lalu lintas perdagangan

Arti dari Kabupaten Kubu Raya diinterpretasikan dengan perisai yang membentuk garis lurus dan lengkung dengan perpaduan warna hitam dan biru. Dimana menggambarkan bahwa wilayah Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah daratan dan pulau-pulau yang dipisahkan oleh sungai hingga laut juga memiliki potensi sebagai daerah lalu lintas perdagangan dan pariwisata.

Butiran padi yang berjumlah 17 dan pada sisi kirinya terdapat 7 lembar daun kelapa yang berpangkal serta di bawahnya terdapat tulisan Kubu Raya yang melambangkan berdirinya Kabupaten Kubu Raya pada tanggal 17 Juli 2007. Butiran padi dan lembar daun kelapa menunjukan bahwa Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah dengan potensi hasil pertanian dan perkebunan yang subur.

Di tengah logo terdapat benteng (kubu pertahanan) yang terdiri dari 9 bagian yang mengandung arti bahwa Kabupaten Kubu Raya pada saat pembentukan terdiri atas 9 Kecamatan, dengan pusat pemerintahan berada di Kecamatan Kubu.

Pada sisi bawah benteng terbentang perahu yang sarat muatan dengan riak ombak di depannya dan layar mengembang serta tiang perahu yang kokoh yang berarti transportasi air sebagai media lalu lintas perdagangan hasil usaha keras masyarakat, yaitu hasil laut, pertanian, perkebunan, industri, dan tambang, menuju kehidupan yang bermartabat dan sejahtera.

pita bertuliskan "Kubu Raya" mencerminkan budaya masyarakat Kubu Raya yang heterogen selalu bersatu, harmonis sebagai pencerminan rasa persatuan dan kesatuan.

bintang segi lima dan enam sinar yang memancar menginterpretasikan Pancasila sebagai dasar dalam mewujudkan enam harapan masyarakat yang tertib, aman, mudah pelayanan, adil dan merata, makmur, indah, lestari, beriman serta bertaqwa dalam ridho Tuhan Yang Maha Esa.

Warna Dasar biru laut melambangkan keyakinan. Masyarakat Kabupaten Kubu Raya yakin bahwa laut sangat berpotensi tinggi dengan hasil lautnya dan sebagai lalu lintas pertumbuhan ekonomi sekaligus membuka kerjasama pada bidang pariwisata dan perdagangan baik nasional maupun internasional.

Warna hitam melambangkan perjuangan dan kerja keras dalam menggali dan mengelola potensi daerah menuju masyarakat adil dan makmur. Sedangkan warna merah dan putih melambangkan keberanian dan kesucian. Berani bersaing dengan daerah lain atas dasar keberanian dan kesucian jiwa di bawah bendera merah putih Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Warna hijau melambangkan kesuburan daerah pertanian dan perkebunan Kabupaten Kubu Raya sehingga menjadikan masyarakat yang bekerja sesuai dengan keahlian maupun kemampuannya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi sebagai penunjangnya. Warna kuning emas melambangkan keagungan, berawal dari sejarah perjuangan mengusir penjajah oleh pejuang-pejuang Kubu Raya hingga terbentuk pemerintahan yang bersih dan sehat.

Sumber: wikipedia